The Blog

Sebagai upaya peningkatan perekonomian di daerah, terdapat program desa wisata yang dilombakan pada tingkat Provinsi Bengkulu. Desa Tumbuk Tebing menjadi salah satu peserta mewakili daerah Bengkulu Selatan. Dalam rangka mempersiapkan menjadi desa wisata baru, diperlukan bimbingan kepada pokdarwis dan warga setempat. Hal inilah yang menjadi dasar bagi tim dosen Prodi Arsitektur Fakultas Teknik membantu Desa Wisata Tumbuk Tebing mewujudkan pengembangan destinas  i wisata unggulan melalui program Pengabdian kepada Masyarakat.

      

 

Tim PkM yang terdiri dari Dwi Oktavallyan Saputri, M.Sc. dan Debby Seftyarizki, M.T. dari prodi Arsitektur, bersama mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian berupa penyampaian materi dan diskusi tanya jawab kepada pokdarwis dan warga setempat. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di kantor kepala desa pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021, dan dihadiri oleh jumlah kurang lebih 15 orang. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa, Bapak Gapurli, lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh tim dosen PS Arsitektur UNIB mengenai community based tourism, sadar wisata dan sapta pesona, serta homestay dan packaging. Materi yang disampaikan bertujuan untuk memperluas pemahaman masyarakat mengenai desa wisata, sehingga diharapkan masyarakat setempat lebih siap berperan aktif mendukung keberhasilan setiap program Desa Wisata Tumbuk Tebing. Setelah penyampaian materi, terdapat diskusi dan tanya jawab antara tim pengabdian dan warga serta pokdarwis setempat. Beberapa pertanyaan yang diajukan berupa saran promosi melalui media social, cara mengatasi permasalahan sekaligus kekurangan yang ada di lokasi Pantai Batu Putih dengan mengoptimalkan potensi yang ada, hingga inovasi untuk produk wisata kuliner. Diskusi dan tanya-jawab tersebut memperlihatkan antusiasme warga untuk mewujudkan Desa Tumbuk Tebing menjadi desa wisata baru yang unggul di Bengkulu Selatan.

Melalui kegiatan pengabdian ini, besar harapan tim pengabdian Prodi Arsitektur UNIB agar Desa Tumbuk Tebing dapat sukses dan terus berkembang menjadi desa wisata unggulan Bengkulu selatan, sehingga dapat pula meningkatkan kesejahteraan warga setempat di masa yang akan datang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website